top of page
Writer's picturefloaton bahari

Cara Tepat Mengukur Mixer untuk Cairan Industri dan Larutan Korosif


Tangki Mixer

Mixer industri dapat digunakan untuk berbagai proses industri. Diantaranya adalah dapat mencampur berbagai cairan, menjaga padatan dalam suspensi, melarutkan padatan terlarut, memfasilitasi pertukaran panas menjadi efisien, dan untuk mempertahankan suhu tertentu.


Namun, mencampur dan pencampuran yang tepat selalu merupakan hasil dari kombinasi dari beberapa elemen, seperti: prinsip umum hidrolika, karakteristik fisik wadah, durasi pengoperasian yang akan dilakukan, dan sifat kimiawi cairan yang diolah.



Efektivitas dari proses mencampur sangat dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut dan begitupun interaksinya. Langkah pertama untuk mencapai hasil yang memuaskan adalah menjelaskan kebutuhan Anda kepada produsen tangki mixer, yang mana mereka akan merekomendasikan model yang paling cocok untuk tiap permasalahan Anda.


Perlu Anda tahu, Flootank adalah produsen tanki mixer terpercaya dengan pengalaman yang tinggi. Anda bisa menghubungi Flootank melalui Email untuk diskusi lebih lanjut.


EMPAT LANGKAH UNTUK MENYIAPKAN MIXER

Informasi yang sangat penting untuk ukuran mixer seringkali cukup memusingkan. Terkadang hal itu begitu sangat samar sehingga tidak jelas bahkan bagi pengguna sekalipun. Namun, sebagai panduan umum, ada empat langkah untuk mengidentifikasi pengaduk yang terbaik dan mengidentifikasi kelemahannya, guna mencapai proses pencampuran yang efisien.



Jenis-jenis Mixer


1. Informasi awal

Konfigurasi mixer untuk diaplikasikan di industri memerlukan pengumpulan awal dan evaluasi beberapa informasi dasar. Hal tersebut merupakan titik awal untuk memilih ukuran yang sesuai untuk pengaplikasikannya secara spesifik dan bahan konstruksi (plastik atau logam) yang cocok dengan sifat agresif cairan yang dicampur.


Mengingat kerumitan mesin, berikut ini adalah opsi yang selalu lebih baik diserahkan kepada mereka yang telah ahli dalam bidangnya selama bertahun-tahun, seperti perusahaan kami! Sangat penting untuk berkomunikasi dengan tepat dalam:

  • tujuan proses (pencampuran, suspensi padatan, pemeliharaan panas, dll.)

  • tujuan proses (pencampuran, suspensi padatan, pemeliharaan panas, dll.)

  • volume total (dari cairan dan/atau padatan) yang akan ditangani

  • kedalaman tangki (atau panjang mixer)

  • tingkat cairan: konstan atau variabel (jika variabel: indikasi tingkat minimum dan maksimum)

  • kemungkinan adanya baffle atau pemecah aliran

  • kecepatan putaran yang dibutuhkan oleh proses (kuat, sedang, ringan)

  • kebutuhan untuk menyesuaikan gearmotors atau inverter (untuk mengatur kecepatan putaran).

  • sifat kimiawi, densitas, viskositas dan suhu cairan yang akan dicampur

  • cara pencampur yang ditambatkan ke tangki (flange penopang)

  • fenomena yang tidak diinginkan (pembentukan busa, terperangkapnya udara, debu permukaan yang permanen, dll.)


2. POSISI MIXER

Posisi mixer di dalam wadah merupakan aspek penting yang tidak boleh diremehkan. Seperti yang dapat Anda bayangkan, posisi pemasangan terbaik untuk pengaduk bergantung pada bentuk dan ukuran tangki (silinder, persegi panjang, kubik), ketinggian baling-baling berkaitan dengan bagian bawah tangki dan bentuk bagian bawah dari tangki (datar, bulat atau kerucut).


Terkadang, untuk mengatasi kerugian yang disebabkan oleh aliran tangensial, di wadah kecil sebagai alternatif untuk baffle, mixer tidak berada di tengah atau dipasang di sudut: namun, solusi ini hanya mencegah sebagian cairan berputar dan dengan mudah menyebabkan hidraulik tinggi yang dengan kemungkinan getaran atau operasi poros yang tidak seimbang.



G: panjang mixer

L: kedalaman tangki

L1: level maksimum

L2: level minimum


3. Geometri wadah

Bentuk wadah harus didefinisikan dengan baik dalam hal bentuk dan dimensi. Jika mixer beroperasi dalam tangki silinder vertikal, maka pelat vertikal yang sesuai (baffle) harus disediakan untuk mencegah rotasi seluruh massa cairan dan pembentukan pusaran pusat yang kuat.


Penting juga untuk mengetahui, jika mixer dipasang di cekungan berbentuk kerucut yang mana dimensi bagiannya berbentuk kerucut (dalam hal ini penyekat yang sesuai juga disarankan). Tangki yang paling efisien cenderung memiliki tinggi, lebar dan panjang yang sama dan tangki dengan dasar cembung atau kerucut: gerakannya akan lebih merata dan operasi pengosongan dan pembersihan akan lebih mudah.


Tangki Bagian Bawah Bulat

Tangki dengan bagian bawah bulat



Tangki Bagian Bawah Datar

Tangki dengan dasar yang datar



Tangki Bagian Bawah Kerucut

Tangki dengan dasar kerucut


4. POLA ALIRAN

Aliran dari bilah mixer terdiri dari tiga komponen: aksial (ke bawah atau ke atas), radial (ke arah dinding wadah), tangensial (gerakan putar). Rotasi impeller menyebabkan massa cairan berputar di sekitar sumbu mixer. Hal ini dapat mengakibatkan pembentukan vortisitas dan memperlambat kecepatan volume cairan yang dicampur.


Disarankan juga untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan seperti pembentukan buih, kantong udara dan debu permukaan yang permanen, dll. Beberapa Mixer juga dapat dilengkapi dengan bilah simetris: yang dapat secara otomatis membalikkan arah putaran pencampurannya.

Pencampuran Radial

Pencampuran radial




Pencampuran Tangensial

Pencampuran tangensial



Pencampuran Aksial

Pencampuran aksial



Sebagai produsen tangki mixer thermoplastic yang telah memiliki pengalaman cukup panjang, Engineer kami hanya akan merekomendasikan desain tangki yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda. Pengalaman memainkan peran penting ketika memutuskan tangki mixer yang tepat dan disinilah Flootank hadir untuk Anda. Hubungi Email kami untuk mendapatkan konsultasi teknis atas kebutuhan Anda.

157 views0 comments

Comments


bottom of page