top of page

Pentingnya Tangki Kimia dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Updated: Jan 6, 2023


Tangki Kimia Flootank

Penyimpanan bahan kimia dengan volume yang besar adalah suatu hal yang dapat menimbulkan risiko besar dan merupakan salah satu alasan mengapa industri memiliki aturan ketat terkait hal tersebut.


Tangki kimia adalah wadah penyimpanan bahan kimia yang tersedia dalam beberapa bentuk, ukuran, dan warna. Ketika Anda mulai berencana untuk memasang sistem tangki penyimpanan bahan kimia, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan bahan kimia tersebut terlebih dahulu. Setiap bahan kimia memiliki persyaratannya sendiri. Tangki kimia perlu direncanakan, dipasang, dan dirawat dengan baik untuk mencegah bahaya.



Anda mungkin berpikir jika tangki dapat menyimpan air, ia mampu menyimpan bahan kimia juga, tetapi bukan itu masalahnya. Meskipun tangki air mungkin dapat menyimpan bahan kimia untuk jangka waktu tertentu, tangki air tidak dirancang khusus untuk bahan kimia yang menyebabkan degradasi tangki dan menyebabkan kebocoran dan situasi berbahaya lainnya.


Ada beberapa jenis produk yang disimpan membawa serta berbagai komitmen dan tanggung jawab. Untuk tangki penyimpanan bahan kimia, kehilangan tangki atau kegagalan sistem dapat menyebabkan bahaya kesehatan manusia atau lingkungan, kewajiban, kerugian finansial, dan dampak pada kelangsungan hidup bisnis di masa depan.


Faktor-Faktor yang Perlu Diingat Saat Memasang tangki Kimia

Memasang tangki kimia untuk industri Anda tidak bisa asal-asalan. Anda perlu memperhatikan hal-hal tertentu demi keamanan Anda dan lingkungan sekitar. Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat memasang tangki kimia:

  1. Peraturan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan.

  2. Kualitas.

  3. Persyaratan dan pendaftaran produk.

  4. Konstruksi dan pemeliharaan.

  5. Jenis bahan kimia yang akan disimpan dan bahan yang cocok untuk hal yang sama

Bagaimana Cara Merawat Tangki Kimia?

Saat menyimpan bahan kimia, penting untuk melakukan inspeksi rutin dengan mengikuti praktik terbaik dan memiliki pengetahuan tentang standar industri. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat tangki kimia:


1. Pemeriksaan Visual Berkala oleh Ahli

Pemeriksaan visual berkala oleh para ahli adalah langkah pertama dan terpenting dalam memelihara tangki penyimpanan bahan kimia. Survei dan investigasi rutin ini berfokus pada rembesan atau kebocoran, pengendapan tangki, tonjolan, atau korosi yang berlebihan.


2. Inspeksi Rutin Setelah Tangki Dicuci dan Dikeringkan

Inspeksi rutin setelah tangki dicuci dan dikeringkan adalah suatu keharusan. Ini dapat mengidentifikasi komponen yang telah bergeser atau lubang lokal yang mungkin tidak terlihat dari inspeksi eksternal. Frekuensi yang tepat paling baik ditentukan oleh sifat cairan yang merusak, termasuk komponen balapan dan sejarah masa lalu dari peralatan serupa.


3. Pemeriksaan Ventilasi

Ventilasi yang cukup untuk tekanan dan vakum juga penting di semua tangki penyimpanan bahan kimia. Periksa ventilasi, pipa, dan pastikan berfungsi dengan baik.


4. Deteksi Korosi pada Semua Alat Kelengkapan Tangki

Semua alat kelengkapan tangki penyimpanan, pipa sambungan fleksibel, dan penutup harus diperiksa dengan cermat untuk mendeteksi tanda-tanda korosi, kerusakan, dan kebocoran. Jika ada cacat, itu harus segera diganti.


Jangan Sepelekan Aturan Penggunaan dan Perawatan Tangki Kimia

Tangki kimia dapat dan memang menyimpan persediaan besar berbagai macam bahan dan produk jadi dengan aman selama beberapa dekade. Jadi, pastikan tangki dirancang dengan benar, patuhi inspeksi yang efektif dan menjalani perawatan dasar.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang inspeksi tangki, Anda dapat mengonsultasikannya dengan ahli layanan lapangan kami di Flootank hari ini. Konsultasi dengan Flootank melalui Email atau klik di sini.



Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

16 views0 comments

Comments


bottom of page